implementasi VPS untuk jalur internasioonal

berhubung saya punya VPS di singapore maka akan saya impementasikan vps untuk jalur koneksi internet internasional agar lebih cepat untuk akses website luar..
ok langsung saja...(saya ga menerangkan step by step tapi akan saya jelaskan melalui logical aja)

yang pertama saya buat VPS sebagai VPN menggunakan PPTP saja...(untuk membuatnya bisa cari di google..
Hasilnya sama dengan mikrotik yang kita panggil dengan winbox...bedanya ini versi on CHR...
oke lanjut
sebelumnya saya udah buat router saya menjadi Load balance konek ke VPN PPTP di router lain beda tempat..Baca sini 
disitu dijelaskan bagaimana saya koneksi ke router lain utk bypass FUP dari telkom..
sebenernya saya hanya implementasikan dari pemisahan BW lokal dan internasional...yang menjelaskan bagaimana kita daftarkan ip local (IIX) di adreess list) atau sering disebut nice.....
dari situ saya hanya marking daftar nice itu ke router VPS dn mengecualikan di
 Router di local..

saya buat scedule utk update nice nya....

seperti ini

maka akan terupdate di adrress list 

Kemudian buat load balance nya sperti ini
COPAS SAJA
####################################
add action=mark-connection chain=prerouting comment=lokalisp1 \
    dst-address-list=nice dst-address-type=!local new-connection-mark=isp-1 \
    passthrough=yes per-connection-classifier=both-addresses-and-ports:2/0
add action=mark-routing chain=prerouting connection-mark=isp-1 \
    new-routing-mark=to_PUBLIC1 passthrough=yes
add action=mark-connection chain=prerouting comment=isp-vp2 dst-address-list=\
    !nice dst-address-type=!local new-connection-mark=isp-2 passthrough=yes \
    per-connection-classifier=both-addresses-and-ports:2/1
add action=mark-routing chain=prerouting connection-mark=isp-2 \
    new-routing-mark=to_PUBLIC2 passthrough=yes
##################################

kalo kita perhatikan perbedaan hanya ada pada dst-adress-list saja...
logika nya yang daftar nice hanya kita routing melalui wan local kita..sedangkan kecuali nice (!nice) kita lewatkan melalui VPS yang kita punya di luar negeri.....
 Untuk pengujiannya kita bisa tracert web luar negeri dan web dalam negeri kita......



saya kira sperti itu saja sih...
jangan lupa buat routingnya dan masquerade nya ya......
(kalo udah terbiasa dengan mikrotik pasti tau apa yang di maksud)

trimakasih..semoga bermanfaat




0 Response to "implementasi VPS untuk jalur internasioonal"

Post a comment

Ilmu ibarat sempax, kita harus menggunakannya, tapi tak perlu memamerkannya